• LSM Jejak Indonesia segera resmikan bank sampah

    0
    bank-sampah

    bank-sampah

    Baturaja, jurnalsumatra.com – Lembaga Swadaya Masyarakat Jejak Indonesia Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan segera meresmikan Bank Sampah di Baturaja guna melestarikan lingkungan sekitar.

    “Pada awal Februari 2016 kami akan meresmikan Bank Sampah Baturaja (BSB),” kata Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Jejak Indonesia Ogan Komering Ulu (OKU), Hendra Setyawan di Baturaja, Rabu.

    Dikatakannya, pendirian BSB yang direncanakan sejak 2015 itu awalnya terkendala lahan untuk dijadikan lokasi berdirinya pabrik pengolahan sampah, namun sekarang sudah disetujui oleh manajemen PT Semen Baturaja selaku pemilik lahan.

    Nantinya di BSB itu, kata Hendra, akan mendaur ulang sampah plastik dan mengolah sampah kompos serta pembuatan pupuk tablet dan menjadikan sisa barang bekas menjadi sumber energi.

    Menurut dia, hal tersebut dilakukan untuk mendorong industri di wilayah OKU menjadi perusahaan yang ramah lingkungan.

    “Kami berfikir bahwa pengolahan sampah harus diselesaikan dari hulu dan hilirnya, atau bisa dikatakan mengatasi sampah dari rumah tangga, kantor, sekolah dan lainnya,” kata dia pada jurnalsumatra.com.

    Dikemukakannya, BSB nantinya menyediakan situs online agar masyarakat lebih mudah menjual sampah kepada pihaknya, yakni cukup dengan cara menelepon dan haga jual sampah ditetapkan di atas nilai jual barang rongsokan.

    “Jadi kalau ada sampah minimal 10 kilogram silahkan telepon saja nanti petugas BSB akan jemput bola. Harga beli kami juga lebih tinggi dibandingkan dengan harga di tempat pedagang pengumpul rongsokan,” kata dia.

    Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan gerakan satu juta pot bunga, memungut sampah dan gerakan melindungi air.

    “Saat ini juga kami memiliki bibit pohon sebanyak 35.000 batang, baik pohon pelindung maupun bibit pohon buah-buahan,” ujarnya. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com