• Lelang Kegiatan APBD Sumbar 2016 Batal Dimulai

    0

         Padang, jurnalsumatra.com – Lelang kegiatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumatera Barat yang rencananya dimulai Senin (25/1), batal terlaksana karena tidak ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memasukkan dokumen lelang.
    “Unit Layanan Pengadaan (ULP) sudah mulai beroperasi setelah Surat Keputusan (SK) kelompok kerja ditandatangani Penjabat (Pj) gubernur. Kita siap melaksanakan lelang. Tetapi belum ada yang memasukkan dokumen,” kata Kepala Biro Aset Sekretariat Provinsi Sumbar Novrial yang sekaligus membawahi ULP.
    Ia mengakui dalam rapat terakhir bersama Pj gubernur, ada komitmen untuk memulai proses lelang pada Senin ini, salah satunya untuk proyek percepatan penyelesaian Masjid Raya Sumbar.
    “Kita sudah tunggu, ternyata dokumen belum dimasukkan. Informasi yang kita terima ada sedikit kesalahan teknis,” katanya.
    Menurut Novrial, selain proyek tersebut, proyek yang ada di SKPD lain, yang telah menerima SK penetapan Pengguna Anggaran (PA) dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) juga sudah bisa dimulai, dengan catatan, dokumen yang dibutuhkan dilengkapi.
    “Dokumen seperti Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), Kerangka Acuan Kerja (KAK), Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan gambar desain harus lengkap agar bisa diproses,” katanya.
    Sebelumnya, pelaksanaan lelang kegiatan APBD Sumbar 2016 terkendala karena SK PA dan KPA belum ditandatangani seluruhnya oleh Pj Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek.
    Reydonnyzar menilai, pejabat yang diusulkan sebagai PA dan KPA, tidak boleh menjabat lebih dari tiga tahun pada jabatan yang sama. Karena itu, ia meminta sejumlah nama yang diusulkan sebagai PA dan KPA untuk diganti.
    Anggota DPRD Sumbar Hidayat menilai, kebijakan Pj gubernur tersebut bertolak belakang dengan wacana untuk melaksanakan serapan anggaran sejak awal tahun.
    Ia menilai, kalau serapan ingin dilakukan lebih awal, maka SK PA dan KPA tidak boleh digantung penandatanganannya.
    “Tanpa adanya SK itu, tentu lelang kegiatan tidak bisa dimulai,” katanya.
    Ia mendorong agar wacana penyerapan anggaran sejak awal tahun itu bisa terealisasi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com