• Legislator: Kualitas Tenaga Kerja Kotim Perlu Ditingkatkan

    0

          Sampit, jurnalsumatra.com – Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional Demokrat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Muhammad Shaleh menilai kualitas tenagar kerja di daerah itu perlu ditingkatkan agar mampu bersain pada MEA.
    Kualitas Sumber Daya Manusia tenaga kerja harus terus ditingkatkan. Sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja asing. Sebab dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), persaingan pekerjaan semakin ketat, jika tidak mampu bersaing pekerja lokal akan tersingkir, katanya di Sampit, Rabu.
    Shaleh mengungkapkan, pemkab melalui dinas sosial tenaga kerja dan transmigrasi (Dinsosnakertrans) setempat harus terus berupaya mengoptimalkan tenaga kerja dengan memberi pembekalan dan penyuluhan secara berkala dengan tujuan untuk memotivasi semangat daya saing.
    “Ini penting sehingga kualitas pekerja di kotawaringin Timur tidak kalah dan mampu bersaing dengan tenaga kerja asing,” katanya.
    Shaleh yang juga Ketua PAN Kotawaringin Timur itu mengatakan, potensi SDM pekerja lokal saat ini akan mampu bersaing jika pemerintah berupaya mengembangkan kualitas mereka melalui berbagai kegiatan peningkatan keterampilan.
    żPotensi pekerja yang kita miliki menurut saya tidak kalah dengan pekerja asing. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah upaya peningkatan kualitanya. Selain itu, sebisa mungkin pekerja asing masuk ke sini dibatasi atau dibuat syarat ketat,” ucapnya.
    Shaleh mendesak pemerintah Kotawaringin Timur membuat aturan yang mengutamakan pekerja lokal dalam setiap kesempatan, dan membatasi pekerja asing.
    Sementara itu, serapan tenaga kerja di Kotawaringin Timur terbesar dari sektor perkebunan kelapa sawit, dan sektor lain seperti pertambangan, kehutanan, dan jasa.
    Menurut Shaleh, agar pekerja dan masyarakat lokal tidak kalah bersaing dengan produk impor yang masuk melalui pasar bebas, pemerintah daerah juga harus memberi perhatian terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan.
    żDengan adanya pembinaan yang lebih terarah diharapkan produk lokal yang di produksi masyarakat juga bisa bersaing di pasaran,ż ucapnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com