• Lanud Palembang statusnya naik jadi tipe B

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Lapangan Udara Palembang Sumatera Selatan statusnya resmi naik dari tipe C menjadi tipe B yang diikuti dengan perubahan kepangkatan jabatan, jumlah personel, serta fasilitas lanud.

    “Berubahnya status Lapangan Udara (Lanud) menjadi tipe B ini juga ditandai dengan perwira berpangkat dari Letnan Kolonel menjadi Kolonel yang memimpin,” kata Marsekal Pertama TNI, Yuyu Sutisna usai melantik Kolonel PNB Ronald Lucas Siregar sebagai Danlanud Palembang yang baru dari pejabat sebelumnya Letkol PNB M.R.Y Fahlefi, Senin.

    Dikemukakannya, perubahan status ini berdasarkan pertimbangan strategis yang akan berdampak terhadap pertahanan negara.

    “Meningkat tingkat ancaman terhadap NKRI, maka kita meningkatkan kesiagaan dengan memperluas dan meningkatkan fungsi Lanud,” katanya.

    Meningkatnya kinerja Lanud Palembang ini juga dilihat dari rutinnya pesawat tempur melaksanakan latihan pertahanan di sana.

    “Secara bertahap jumlah personel di Lanud ini akan ditingkatkan dan difungsikan untuk melakukan operasi strategis,” ungkapnya.

    Sementara, Danlanud Palembang Kolonel PNB Ronald Lucas Siregar akan memulai tugasnya dengan status Lanud yang baru dipimpinnya.

    “Saat ini Lanud Palembang disiapkan sebagai pangkalan operasi dan kegiatan pertahanan negara,” kata dia.

    Besar harapan Lanud yang dipimpinnya saat ini menjadi Lanud lebih baik bahkan menjadi percontohan di Indonesia.

    Meski demikian, penambahan fasilitas masih belum akan dilakukan dalam waktu dekat, namun kualitas pesawat tempur bisa jadi ditingkatkan.

    Selain Lanud Palembang, ada enam Lanud lainnya yang juga mengalami kenaikan status, yakni Lanud Padang dan Lanut Ranai Natuna di Koopsau I, Lanud Tarakan Kalimantan Utara, Lanud Leo Watimena Morotai Maluku Utara, Lanud Merauke Papua, Lanud Rembika NTB di Koopsau II.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com