• Kotawaringin Timur Cegah Peningkatan Demam Berdarah Berulang

    0

          Sampit, Kalteng, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, berupaya keras agar penyakit demam berdarah dengue tidak kembali meningkat tahun ini.
    “Kami mengharapkan peran serta seluruh masyarakat berperan aktif dalam pemberantasan sarang nyamuk sehingga di tahun 2016 ini kasus turun dan tidak ada korban meninggal,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur (Kotim) dr Faisal Novendra Cahyanto di Sampit, Sabtu.
    Data Dinas Kesehatan tercatat kasus demam berdarah di Kotim 174 kasus. Selama 2015, jumlahnya meningkat cukup signifikan menjadi 296 kasus.
    “Tetapi di tahun 2015 kita patut bersyukur karena tidak ada kematian akibat DBD. Ini pertama dalam kurun waktu delapan tahun terakhir,” timpal Faisal.
    Di akhir 2015, Dinas Kesehatan melakukan pengasapan atau fogging massal satu bulan penuh untuk mencegah terjadinya wabah demam berdarah dengue. Fogging itu merupakan pencegahan sebelum masa penularan.
    Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, demam berdarah mulai muncul pada November, terus meningkat pada Desember, hingga puncaknya pada Januari. Untuk mencegah wabah tersebut, maka Dinas Kesehatan melakukan fogging massal sebelum terjadinya penularan.
    Kotim patut siaga wabah demam berdarah karena daerah ini merupakan endemis, khususnya di kawasan Kota Sampit, kata dia.
    Masyarakat diminta turut penduli mencegah serangan penyakit demam berdarah dengan membersihkan lingkungan supaya nyamuk aedes aegepty berkembang biak.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com