• KEMENSOS Miliki Program Keserasian Sosial Berbasis Desa

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan pihaknya memiliki program keserasian sosial berbasis desa yang telah dilakukan di 2.000 desa dari 32 provinsi sebagai salah satu program untuk mereduksi konflik sosial.
    “Ada surat edaran dari Sekretariat Kabinet yang isinya meminta kementerian/lembaga untuk menyampaikan program reduksi konflik sosial. Kebetulan, Kemensos sudah memiliki program keserasian sosial berbasis desa,” kata Khofifah Indar Parawansa di Jakarta, Selasa.
    Khofifah menyatakan hal tersebut saat ditanya upaya Kementerian Sosial dalam mencegah dan mengatisipasi teror dan paham radikali di masyarakat.
    Menurut Khofifah, program tersebut mengambil proyek percontohan di 2.000 desa dari 32 provinsi menggunakan APBN-P 2015 dengan nilai anggaran Rp109 juta per desa. Melalui proyek tersebut, Kemensos membentuk forum keserasian sosial tingkat desa.
    Khofifah mengatakan sasaran program tersebut adalah masyarakat di daerah rawan konflik yang sudah dipetakan. Melalui program tersebut, Khofifah berharap desa memiliki kekuatan untuk membangun dinamika keseimbangan ketika muncul stimulan-stimulan yang kontrasosial tanpa memandang aspek ideologi, ekonomi maupun politik.
    “Formatnya, masyarakat desa diundang untuk merumuskan kebutuhan tingkat desa. Setiap desa tentu memiliki kebutuhan sendiri-sendiri, tidak seragam. Pola yang digunakan memang dari bawah ke atas,” tuturnya.
    Khofifah mencontohkan yang terjadi di salah satu kelurahan yang ada di Jakarta. Forum setempat merumuskan kebutuhan keranda jenazah. Karena masih ada anggaran, mereka kemudian merumuskan kebutuhan rebana untuk kegiatan marawis anak-anak dan remaja.
    “Kebetulan lokasi tersebut memiliki potensi marawis anak dan remaja yang cukup tinggi. Diharapkan bila anak-anak dan remaja memiliki kegiatan yang positif bisa menjauhkan mereka dari godaan perilaku kontraproduktif,” imbuhnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com