• Kelompok Tani Dapat Bantuan Rumah Pengolahan Tebu

    0

         Batusangkar, jurnalsumatra.com – Kelompok Tani Sarumpun Baniah Nagari Pandai Sikek, Kecamatan X Koto, Tanah Datar, Sumatera Barat, mendapatkan bantuan rumah pengolahan tebu dan kompos dari Bank Indonesia Perwakilan Sumbar.
    Bantuan dari Bank Indonesia ini untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya petani, kata Ketua Keltan Sarumpun Baniah Guswardi di Kecamatan X Koto, Jumat.
    Ia mengatakan kelompok taninya sudah berdiri sejak Agustus 2010 dengan modal awal sebesar Rp300 ribu di mana anggota umumnya bercocok tanam cabai.
    “Pada 2012 kami mendapat bantuan satu unit mesin gilingan tebu dari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, dan pada tahun ini melalui program sosial Bank Indonesia memperoleh bantuan rumah pengolahan tebu dan kompos,” katanya.
    Guswardi menyebut BI membantu sebesar Rp150 juta berupa bahan baku dan ditambah dengan swadaya masyarakat sebesar Rp110 juta berupa bantuan tenaga dan lainnya.
    “Dengan adanya bantuan ini, kita mampu memproduksi tebu sekitar 400 kilogram setiap hari,” katanya.
    Produksi ini jauh berbeda bila dibandingkan menggiling tebu secara tradisional dengan tenaga ternak kerbau.
    Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Tanah Datar Khairudin menyampaikan terpilihnya Keltan Sarumpun Baniah karena dinilai mampu mengelola dan mengembangkan produksi tebu.
    Ia mengharapkan petani dapat menjaga dan memelihara sarana bantuan tersebut sehingga akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan petani di sekitarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com