• Kapolres Lahat Ajak Masyarakat Kembali Siskamling

    0
    Kapolres Lahat, AKBP Yayat Popon Ruhiyat, SIK

    Kapolres Lahat, AKBP Yayat Popon Ruhiyat, SIK

    Lahat, jurnalsumatra.com – Untuk menciptakan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Lahat. AKBP Yayat Popon Ruhiyat, SIK selaku Kapolres Lahat, dalam waktu dekat akan membahas rencana menghidupkan kembali pos Kamling sebagai salah satu upaya sistem pengamanan lingkungan yang sudah membudaya dan diwariskan sejak zaman dulu.

    “Insya Allah, dalam waktu dekat ini, kita akan melakukan komunikasi bersama pihak pihak terkait, guna menghidupkan kembali Siskamling diseluruh wilayah Kabupaten Lahat,” tegas Kapolres Lahat, saat dibincangi wartawan, Selasa (26/1).

    Menurut orang nomor satu dijajaran krops coklat ini, selain untuk memperketat keamanan dan mengantisipasi tindakan pencurian di kampung kampung dan desa desa, optimalisasi Siskamling ini juga dapat memberdayakan stack holder yang ada.

    “Sepaling tidak dengan dibentuknya pos Kamling dikomplek komplek dan kelurahan, para Ketua RT, RW dan Lurah atau Kades akan memiliki rasa tanggung jawab juga terhadap keamanan lingkungannya,” tabahnya lagi.

    Nah, sambung Kapolres, dengan dihidupkannya kembali Siskamling ini, walaupun belum secara keseluruhan. Namun setidaknya dapat mencegah sebelum terjadinya tindakan kejahatan dan pencurian ditengah-tengah masyarakat yang ada.

    “Kan lebih baik mencegah, daripada menindak yang sudah terjadi. Untuk itu mari kita optimalisasi kembali Siskamling,” ujarnya.

    Ketika disinggung soal motivasinya yang antusias untuk menggalakkan kembali Siskamling di Bumi berjuluk Seganti Setungguan ini. Yayat menjelaskan, bahwa hal ini terinspirasi dari sejumlah kejadian pencurian serta bentuk kejahatan lainnya, yang acapkali dilaporkan masyarakat.
    “Apalagi dalam penyampaian hasil reses, DPRD Lahat meminta agar pemerintah menggalakkan kembali Siskamling ini. Namun tentunya upaya ini nanti akan melibatkan instansi terkait lainnya”, ungkap Yayat.

    Kalau perlu, sebut Yayat. Dalam setiap titik titik tertentu yang dianggap rawan, akan dipasang CCTV agar para petugas yang jaga dapat memantau situasi dari pos jaga. Bahkan nantinya, akan diadakan lomba pos Kamling terbaik.

    “Mungkin dengan adanya CCTV itu, akan lebih cepat terpantau dari jarak jauh. Dan jika semua pos Kamling sudah berjalan normal. Sebagai upaya untuk memotivasi masyarakat, kita akan berikan penghargaan dan hadiah pada Siskamling terbaik,” tukasnya.

    Sementara itu, seorang warga yang berdomisili dikawasan Kelurahan Bandar Jaya, Kecamatan Kota Lahat, yang minta namanya tidak difulgarkan nekad mengirim SMS yang tujukan kepada media rentang keluhan serta permintaannya untuk menghidupkan dan mengaktifkan kembali Siskamling di lingkungannya. Hal ini dilakukan, menurut dia. Karena merasa lingkungannya sudah mulai tidak aman lagi.

    “Assalammualaikum, bapak polisi yg terhormat tolong dironda diblok c ujung sebab sudah satu bulan ini kami diresahkan dengan kemalingan,terima kasih atas kerja samanya,” pinta salah satu warga dengan pesan singkatnya. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com