• Kaltara Butuhkan “Grand Design” Pendidikan

    0

    Bulungan, jurnalsumatra.com – Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Kalimantan Utara maka dibutuhkan adanya “grand design” sebagai acuan pelaksanaan teknis di lapangan.
    Zainuddin HZ selaku Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltara, Kamis mengatakan, kebutuhan terhadap “grand design” pendidikan di provinsi termuda di Indonesia ini sudah sangat mendesak agar tidak mengalami ketertinggalan dengan daerah lainnya.
    Ia mengatakan, pola pendidikan yang tertata dan memiliki struktural yang baik akan memberikan nilai positif dalam hal peningkatan sumber daya manusia (SDM) maka keberadaan “grand design” tersebut tentunya sangat dibutuhkan pula.
    Zainuddin yang juga menjabat Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Kaltara ini berpandangan, kalangan legislatif yang sedang menggodok “grand design” yang dimaksudkan agar dapat menyamakan visi misi gubernur terpilih melalui pilkada serentak 2015.
    Selama tiga tahun terbentuknya Provinsi Kaltara sejak 2012, belum memiliki pola dan arah pelaksanaan pendidikan yang jelas sehingga dengan adanya “grand design” tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah utara Pulau Kalimantan itu sebagaimana yang dituangkan dalam RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) selama 5 tahun kedepan dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP).
    Setelah adanya pola dan arah pendidikan, Zainuddin menilai, pendidikan di Provinsi Kaltara akan lebih baik berdaya saing pada tingkat regional maupun nasional karena dapat membentuk sekolah unggulan.
    “Melalui grand design tersebut, Pemprov Kaltara dapat merancang pembentukan sekolah unggulan SMA atau SMK dimana siswanya direkrut dari lolosan SMP atau sederajat dengan tingkat prestasi yang baik,” kata dia seraya menambahkan, sekolah unggulan ini menjadi salah satu usulan dalam “grand design” tersebut.
    Harapan Zainuddin, ketika “grand design” telah ada maka seluruh elemen di provinsi itu bersinergi membangun Kaltara melalui pendidikan yang terarah dan terpola demi terciptanya kader-kader pemimpin yang cerdas dan berdaya saing.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com