• Kalimantan Tengah Waspada Banjir Dan Kebakaran Lahan

    0

    Sampit, Kalteng, jurnalsumatra.com – Penjabat Gubernur Kalimantan Tengah, Hadi Prabowo memperingatkan pemerintah kabupaten/kota dan masyarakatnya untuk mewaspadai ancaman banjir dan kebakaran lahan yang rawan terjadi.
    “Jangan terlena karena bahaya banjir sangat mengancam. Saya perintahkan kepada aparatur pemerintah daerah dan masyarakat agar menjaga lingkungan,” kata Hadi saat pidato peringatan hari ulang tahun ke-63 Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) di Stadion 29 November Sampit, Kamis
    Dia mengatakan, instansi terkait harus mengaktifkan posko dan meningkatkan pengawasan, terutama pada area rawan banjir, serta lakukan pelayanan dengan baik.
    Saat ini curah hujan meningkat dan merata di wilayah Kalimantan Tengah. Kewaspadaan dibutuhkan karena beberapa daerah di provinsi ini masuk kategori rawan banjir, salah satunya Kabupaten Kotim.
    Hadi mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga lingkungan secara arif dan bijaksana. Ini merupakan upaya pencegahan agar bencana alam tidak terjadi, atau setidaknya bisa mengurangi dampak yang mungkin terjadi.
    Selain ancaman banjir, Hadi juga memperingatkan pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat mewaspadai kebakaran lahan. Meski saat ini musim penghujan, namun bukan berarti antisipasi dan kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran lahan menjadi dilupakan.
    “Terus aktifkan posko penanggulangan kebakaran lahan, Jangan menunggu kebakaran lahan terjadi, baru bergerak. Lakukan sosialisasi dari sekarang. Saya mengajak kita bersama meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Jangan lagi membuka lahan dengan cara membakar,” harap Hadi.
    Kewaspadaan dini kebakaran lahan ini berkaca pada pengalaman kebakaran lahan dan asap sangat parah saat musim kemarau 2015 lalu. Kabut asap nyaris melumpuhkan aktivitas perekonomian dan menyebabkan banyak warga terganggu kesehatannya. Asap juga menyebar hingga ke provinsi bahkan negara tetangga.
    Hadi berharap musibah asap yang bisa mengancam nyawa manusia ini, tidak sampai pernah terjadi lagi. Untuk itulah perlu kesadaran dan kepedulian semua pihak, khususnya masyarakat untuk ikut melakukan pencegahan sejak dini.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com