• Kajati Janji Berikan Salinan SP3 Kasus PLTU

    0

         Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Bangka Belitung, Happy Hadiastuti berjanji akan memberikan salinan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kasus korupsi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Airanyir.
    “Saya sudah menerima surat permintaan penjelasan dan salinan SP3 kasus korupsi proyek PLTU Airanyir dari Ombudsman Bangka Belitung. Tidak ada masalah, kami berikan salinannya,” katanya di Pangkalpinang, Minggu.
    Ia mengatakan, masalah produk SP3 korupsi proyek PLTU Airanyir itu tidak ada yang harus dirahasiakan oleh Kejaksaan Tinggi.
    “Apalagi ini kan untuk kepentingan hajat hidup masyarakat Babel, jadi kita terbuka tidak ada rahasia itu. Saya berikan salinannya,” ujarnya.
    Terkait dengan praperadilan yang akan dilakukan, pihaknya mengakui juga tidak ada masalah. Dirinya berkeyakinan penyidik kasus korupsi PLTU Airanyir dalam mengeluarkan produk SP3 itu tidak terburu-buru dan murni sesuai fakta.
    “Kalau sudah berani SP3 pastilah ada penjelasan detilnya. Maka kami berikan penjelasan detilnya itu,” jelasnya.
    Sementara aktivis antikorupsi Bangka Belitung, Marshal Imar Pratama mengaku senang dengan sikap Kajati Babel yang baru karena lebih mengedepankan aspek nurani demi kepentingan masyarakat.
    Menurut dia, Kajati yang baru lebih terbuka dan tidak menutup-nutupi produk hukum yang dinilai hanya pesanan segelintir pihak tertentu.
    “Alhamdulillah kalau itu komitmen Bu Happy. Kita sangat menantikan salinan SP3 itu dengan harapan gugatan kita juga cepat terealisasi,” ujarnya.
    Ia berharap Kajati konsisten untuk memperjuangkan kepentingan hajat hidup masyarakat yang tidak berkesudahan dirugikan oleh buruknya pelayanan PT PLN. Menurutnya, PLTU Airanyir sebagai contoh besar telah lenyapkan uang negara secara sia-sia kurang lebih Rp1 triliun.
    “Korupsi telah nyata pada pembangunan mega proyek PLTU itu di mana sampai saat ini langganan kerusakan tak henti-hentinya. Tetapi entah kenapa dengan tega-teganya justru proyek gagal tersebut di-SP3 pada masa kepemimpinan Kajati sebelumnya,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com