• Kadis Kesehatan Akui Telah Antisipasi DBD

    0

     Makassar, jurnalsumatra.com-  Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan (Sulsel)Dr Rachmat Latif mengatakan, pihaknya telah mengambil sejumlah langkah untuk mengantisipasi penyebaran wabah Demam Berdarah Dengue (DBD).
    “Sudah dilakukan antisipasi terkait pembiayaan pembelian obat, dan kesiapan sarana dan prasarana, termasuk untuk opname,” kata Rachmat di Makassar, Kamis.
    Menurut Rachmat pola penyebaran penyakit dapat diprediksi berdasarkan perubahan musim.
    “Karenanya, sejak awal musim sudah dimasukkan sebagai salah satu variabel dalam perencanaan penganggaran kesehatan sejak awal,” jelasnya.
    Meski demikian, ia mengatakan, dalam ranah otonomi daerah ini, masing-masing daerah memiliki pola penanganan masing-masing terkait DBD ini, tergantung karakteristik iklim daerahnya.
    “Pada beberapa daerah, bisa saja DBD ini menjadi endemik, namun di daerah lain tidak ada kasus,” katanya mencontohkan.
    Pada kasus-kasus ekstrim yang menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB), pihaknya juga telah menyiapkan anggaran untuk itu.
    Sedangkan untuk kasus pasien yang tidak tertolong, menurut Rachmat biasanya terjadi karena pasien terlambat dibawa ke fasilitas kesehatan untuk mendapat pertolongan.
    Pihaknya juga menghimbau agar para petugas kesehatan di kabupaten/kota untuk menjalankan aspek promotif preventif dan kuratif untuk mencegah penyebaran wabah DBD.
    “Beri pemahaman kepada masyarakat untuk hidup dengan sehat sehingga dapat mencegah penyebaran wabah ini,” tuturnya.
    Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bulukumba Yusuf Sommeng mengatakan pihaknya telah melakukan langkah preventif terkait pencegahan penyakit ini.
    “Kita sudah memerintahkan agar dilakukan penyemprotan atau fogging di setiap kecamatan,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com