• Izin Eksplorasi Batubara Jambi Berakhir 2017

    0

         Jambi, jurnalsumatra.com – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi menyebutkan, izin usaha pertambangan (IUP) eksplorasi (penjajakan) batubara di daerah itu akan berakhir pada  2017.
    “Kami minta perusahaan untuk meningkatkan dari izin eksplorasi menjadi izin operasi produksi, karena masa berlakunya izin tersebut pada 2017,” kata Kabid Pertambangan Umum ESDM Provinsi Jambi, Abdul Salam di Jambi, Kamis.
    Dia mengatakan, dari total 196 IUP di Jambi, 118 IUP merupakan operasi produksi, sementara 78 IUP eksplorasi yang dimulai dari tahun 2009 dan sudah harus meningkat menjadi operasi produksi.
    “78 IUP eksplorasi itu dikeluarkan tahun 2009 dan setelah itu ada moratorium izin pertambangan. Artinya tahun 2017 sudah habis masa eksplorasinya,” katanya.
    Namun, kata dia,  masih  ada  sejumlah persyaratan yang menjadi kendala perusahaan untuk eksploitasi. Pemerintah memberi keringanan untuk melengkapi sejumlah persayaratan tersebut.
    “Karena untuk mendapatkan izin operasi produksi itu ada sejumlah syarat, salah satunya syarat utamanya adalah izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), kalau itu tidak ada tentunya kami tidak bisa mengeluarkan IUP operasi produksi,” katanya menjelaskan.
    “Untuk itu kami imbau supaya perusahaan yang masih eksplorai tersebut segera menyiapkan izin Amdalnya, sehingga kalau masa eksplorasinya sudah habis bisa dikeluarkan IUP operasi produksi,” katanya menjelaskan.
    Salam juga menyebut, tahun ini produksi batubara di Jambi ditargetkan sebanyak 11,2 juta metrik ton (MT). Target tersebut disepakati dan telah disampaikan ke pusat setelah melalui pembahasan dengan sejumlah perusahaan tambang batubara di Jambi.
    Poduksi batubara tersebut berasal dari Kabupaten Sarolangun, Bungo, Tebo, Muarojambi dan Batanghari. Sementara di Kabupaten Merangin dan Tanjung Jabung Barat belum diberi jatah untuk produksi karena belum ada perusahaan yang memegang IUP operasi produksi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com