• Gelombang Laut Perairan Aceh Utara Capai 3 Meter

    0

         Lhokseumawe, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Blang Bintang Provinsi Aceh menyatakan gelombang laut di perairan Aceh Utara dan sekitarnya mencapai tiga meter.
    Prakirawan BMKG Stasiun Blang Bintang Rahmad Taulani, Sabtu, mengatakan ketinggian gelombang laut yang dinyatakan normal hanya mencapai 1,5 meter. Apabila sudah melewati 2 meter maka sudah termasuk kategori gelombang tinggi.
    “Untuk wilayah Aceh Utara, ketinggian gelombang laut normal hanya 1,5 meter. Jika melebihi batas itu maka sudah dikategorikan sebagai gelombang tinggi,” ujar Rahmad.
    Ia menambahkan, tingginya gelombang laut tersebut dipengaruhi oleh angin yang bertiup dari arah Cina Selatan, sehingga bagi wilayah Aceh mengakibatkan terjadinya angin kencang.
    Berdasarkan pantauan, tingginya gelombang laut tersebut akan terjadi selama empat hari ke depan, sehingga bagi nelayan yang hendak melaut harus lebih berhati-hati dan membawa perlengkapan keselamatan diri.
    “Kami mengingatkan bagi nelayan untuk lebih berhati-hati, diperkirakan selama empat hari ke depan gelombang laut di wilayah Aceh Utara dan sekitarnya masih tinggi dan kalau pun tetap ingin melaut, maka harus membawa perlengkapan keselamatan diri,” tutur Rahmad.
    BMKG stasiun Blang Bintang akan terus melakukan pemantauan perkembangan cuaca dan memberikan informasi terkini terutama kepada nelayan. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
    Secara umum, kondisi cuaca di wilayah timur, yaitu Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur dan Langsa diperkirakan cerah berawan. Selain itu, juga berpotensi terjadinya pembentukan awan-awan kumulunimbus (CB).
    “Kami akan terus melakukan pemantauan cuaca dan memberikan informasi terkini kepada seluruh masyarakat, terutama bagi nelayan. Secara umum, untuk wilayah Aceh memang sangat berpotensi terjadinya angin kencang,” ungkap Rahmad Taulani.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com