• Eks Gafatar Di Kabupaten Landak Akan Dibina

    0

    Pontianak, jurnalsumatra.com – Berbeda dengan daerah lain, di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat para warga eks Gafatar tetap bertahan, dan siap dibina untuk menjalankan ajaran agama dengan benar.
    “Kepada masyarakat kami infokan, Ormas Gafatar di Landak sudah bubar dan tidak ada. Kami berharap menjaga keamanan dan melaksanakan ajaran agama Islam dengan sungguh dan berkeyakinan hanya ibadah untuk menegakan kalimat Allah,” kata Kepala Kantor Kemenag Landak, Isriyah saat dihubungi di Ngabang, Kamis.
    Ia menegaskan, di Kalbar khususnya kabupaten Landak sudah menjaga kerukunan umat beragama, baik antar umat beragama dan antar pemerintah, sehingga diharapkan terus terjaga kerukunan tersebut.
    “Soal Gafatar sejak tahun 2015 sudah bubar dan mareka sudah membuat pernyataan akan mengikuti aturan yang ada. Jadi mereka akan kami bina dan berkoordinasi dengan tokoh agama dan tokoh masyakat,” kata Isriyah.
    Kapolres Landak AKBP Wawan Kristiyanto mengatakan, pihak dari kepolisian berharap semua pihak agar menjaga Kamtibmas yang sudah kondusif tersebut.
    “Masyarakat jangan terprovokasi dan terpengaruh dengan isu-isu yang bisa menganggu Kamtibmas di kabupaten Landak ini,” katanya.
    Sebelumnya, Rabu (20/1) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak, pihak Polres, Kejaksaan, Kesbangpol, tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua unsur terkait guna rapat koordinasi secara mendadak menyikapi insiden Gafatar di Kabupaten Mempawah dan daerah lain di Kalbar.
    Dari pertemuan itu disimpulkan, tidak akan mengevakuasi eks Gafatar yang terdapat di Landak tepatnya di Selojeng Desa Hilir. Tapi, akan melakukan pembinaan dan meminta mareka bertobat dan menjalankan ajaran Islam yang benar.
    Mantan, Ketua Gafatar Landak, Bambang dan warga lainnya menyatakan siap dibina dan akan mengikuti ajaran agama Islam dengan benar. Gafatar mareka anggap masa lalu dan mareka ingin tetap tinggal di Landak dengan membaur masyarakat seperti biasa.
    Sejumlah tokoh agama seperti dari MUI, NU, Muhammadiyah dan tokoh lainnya langsung berdialog dengan eks Gafatar dan langsung membimbing bacaan syahadat sebagai saksi akan menjalankan Islam lil alamin.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com