• DPRD Umumkan Penetapan Pasangan Kepala Daerah Terpilih

    0

    Mataram, jurnalsumatra.com- Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) DPRD Kota Mataram menggelar rapat paripurna istimewa pengumuman hasil penetapan pasangan calon terpilih wali kota dan wakil waki kota Mataram periode 2016-2021, Senin.
    “Pengumuman hasil penetapan oleh pihak dewan ini merupakan salah satu syarat administratif sebelum pemenang pilkada dilantik secara resmi,” kata Ketua DPRD H Didi Sumardi SH saat memimpin rapat di ruang sidang utama.
    Dalam rapat paripurna istimewa, Didi yang didampingi dua wakil ketua dewan Muhtar dan Wayan Sugiartha, serta anggota DPRD Kota Mataram menyampaikan pasangan H Ahyar Abduh dan H Mohan Rolisakan sebagai pasangan trepilih hasil pemungutan suara Pilkada 9 Desember 2015.
    Pengumuman penetapan pasangan kepala daerah terpilih itu dihadiri pula Sekretaris Daerah Kota Mataram HL Makmur Said beserta seluruh jajaran pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Ketua KPU Kota Mataram dan Ketua Panwaslu Kota Mataram, serta jajaran BUMN, BUMD, dan juga para pimpinan instansi vertikal Kota Mataram.
    Karena itu, dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh lapisan masyarakat yang telah berkontribusi dalam Pilkada  Kota Mataram sehingga dapat berlangsung secara lancar dan baik sesuai amanat konstitusi.
    “Dengan demikian, melalui Pilkada 2015 masyarakat Kota Mataram mampu memilih calon kepala daerah terbaik,” ujarnya.
    Di samping itu, atas nama DPRD Kota Mataram Didi menyampaikan ucapan selamat disertai doa dan harapan agar kedua calon terpilih yang menjabat untuk periode 2016-2021 ini setelah diambil sumpah nantinya dapat menjalankan tugas secara maksimal.
    “Semua masyarakat Kota Mataram tanpa kecuali akan mendapatkan pelayanan terbaik dan berhasil pula membangun kinerja sebaik-baiknya untuk mewujudkan harapan masyarakat,” katanya.
    Menurut dia, pelantikan pasangan wali kota dan wakil wali kota terpilih Kota Mataram akan dilaksanakan secara bersamaan dengan enam Kabupaten/Kota lain di Nusa Tenggara Barat yang juga menggelar pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2015 lalu.
    Selain Kota Mataram, enam Kabupaten/Kota lain yang menggelar pilkada serentak 2015 adalah Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kabupaten Sumbawa.
    Di tempat terpisah sekretaris dewan Lalu Aryadharma menambahkan, berita acara tentang paripurna istimewa pengumuman hasil penetapan pasangan calon terpilih wali kota dan wakil waki kota Mataram periode 2016-2021, akan langsung dikirim ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagai syarat untuk penetapan dari Mendagri.
    Hal itu, kata dia, sesuai dengan surat edaran Mendagri tanggal 19 Januari 2016, Nomor 100/140/SJ tentang Pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentian Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali kota.
    “Dalam edaran itu, disebutkan calon terpilih harus diumumkan dalam sebuah sidang paripurna, dan ini menjadi syarat paling atas untuk pengeluaran SK penetapan dan pelantikan dari Mendagri,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com