• DPRD Sultra Minta Dinkes Tingkatkan Edukasi HIV/AIDS

    0

         Kendari, jurnalsumatra.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara Dinas Kesehatan setempat meningkatkan edukasi terkait dengan HIV/Aids kepada masyarakat guna mencegah penyebaran penyakit itu.
    “Edukasi dibutuhkan tidak hanya kepada para penderita HIV/Aids, melainkan juga masyarakat luas agar mereka mengetahui cara melakukan pencegahan,” kata Ketua Komisi IV DPRD Sulawesi Tenggara Yaudu Salam Ajo di Kendari, Kamis.
    Ia menyebut kasus HIV/Aids di Sultra merupakan sesuatu yang miris, sehingga harus mendapat perhatian serius dari pemerintah untuk melakukan tindakan pencegahan.
    “Dinkes harus menggalang kerja sama berbagai pihak atau lintas sektor untuk melakukan pencegahan seperti tokoh agama ataupun tokoh masyarakat dalam melakukan penguatan secara agama, adat dalam kehidupan bermasyarakat,” ujarnya.
    Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sultra dr Asrum Tombili menyebutkan sejak dilakukan pendataan terhadap kasus HIV/Aids di Sultra mulai 2004 sampai 2015, sudah ditemukan 669 kasus HIV/Aids.
    “Khusus tahun 2015 ditemukan pada tahun 2015 pihaknya menemukan 123 kasus HIV/Aids. Kasus terbanyak ditemukan pada tahun 2014 yakni sebanyak 185 kasus HIV/Aids,” katanya.
    Ia mengatakan penderita yang terdeteksi penyakit mematikan tersebut, kini didominasi oleh usia produktif antara 20-45 tahun.
    “Seperti diketahui penyebaran penyakit HIV/Aids ibarat gunung es yang angka penderitanya cukup cepat,” katanya.
    Ia mengatakan perilaku seks bebas serta penggunaan narkotika dan zat adiktif lainnya yang kini marak diduga menjadi penyebab penyebaran HIV/Aids pada usia remaja.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com