• DPRD Seruyan Sarankan DKP Usulkan Pengadaan Alat Tangkap

    0

         Kuala Pembuang, jurnalsumatra.com – DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menyarankan Dinas Kelautan dan Perikanan mengusulkan pengadaan alat tangkap untuk mengganti alat tangkap terlarang yang masih banyak digunakan nelayan daerah itu.
    “Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) hendaknya dapat mengusulkan pengadaan alat tangkap untuk mengganti peralatan terlarang yang masih digunakan nelayan,” kata Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang, Jumat.
    Pengadaan ini merupakan salah satu solusi bagi pemerintah yang sampai saat ini merasa kesulitan untuk menertibkan nelayan pengguna alat tangkap terlarang dengan alasan terbatasnya modal bagi nelayan untuk mengganti alat tangkap yang digunakan.
    “Kalau nanti sudah dibantu, maka tidak ada alasan lagi bagi nelayan untuk tetap menggunakan alat tangkap yang dilarang pemerintah seperti trawl,” katanya.
    Pemberian bantuan alat tangkap nantinya harus benar-benar dilakukan dengan selektif atau tepat sasaran, jangan sampai yang mendapatkan bantuan alat tangkap adalah nelayan yang bukan berasal dari Seruyan.
    “Data nelayan lokal pengguna alat tangkap terlarang yang akan dibantu harus jelas, jangan sampai yang diberi justru bukan nelayan Seruyan, karena nelayan pengguna alat tangkap terlarang wilayah perairan Seruyan justru lebih banyak dari luar,” katanya.
    Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan DKP Seruyan Abdul Rajak mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan sejumlah nelayan lokal yang siap untuk mengganti alat tangkap terlarang yang selama ini digunakan.
    “Pada dasarnya mereka juga ingin bekerja sesuai aturan, tapi karena terbatasnya modal maka tidak ada pilihan selain memanfaatkan peralatan yang ada dulu sampai ada gantinya,” katanya.
    DKP menyambut positif saran wakil rakyat Seruyan yang siap memperjuangkan pengadaan alat tangkap bagi nelayan. Bantuan alat tangkap akan dilakukan secara bertahap di masa mendatang.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com