• DKP BABEL Bantu Nelayan Bentuk Koperasi

    0

    Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membantu nelayan tradisional membentuk koperasi berbadan hukum guna memudahkan penyaluran bantuan dan pelatihan kepada nelayan tradisional di daerah itu.
    “Kami mengimbau nelayan untuk segera membentuk koperasi berbadan hukum karena syarat utama dalam penyaluran bantuan pemerintah,” kata Kabid Pengawasan dan Pesisir DKP Kepulauan Babel Kristialitzar di Pangkalpinang, Kamis.
    Pada tahun ini, kata Kristialitzar, nelayan menjadi perhatian khusus dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang telah mengganggarkan sekitar Rp14 triliun untuk perbaikan ekonomi masyarakat nelayan.
    “Sekitar 70 persen dari total anggaran yang dianggarkan kementerian itu untuk membantu nelayan, kelompok usaha konsumtif, dan nonkonsumtif,” ujarnya.
    Syarat pemberian bantuan kepada nelayan, kata dia, kelompok usaha itu harus memiliki badan usaha atau koperasi berbadan hukum. Jika tidak memiliki usaha berbadan hukum, tidak akan mendapatkan bantuan.
    “Saat ini masih banyak koperasi dan kelompok usaha nelayan yang belum berbadan hukum sehingga kita sulit memberikan bantuan pelatihan, alat tangkap ikan, dan lainnya,” ujarnya.
    Untuk itu, kata dia, diimbau nelayan untuk segera mengurus izin usaha berbadan hukum guna pemerintah dapat membantu nelayan dalam meningkatkan hasil tangkapan ikan dan kesejahteraan keluarganya.
    “Kami akan mendamping nelayan untuk mengurus izin dan pengurusan izin ini tidak akan dipunggut biaya,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com