• Disperindag Lubuklinggau Sidak Swalayan Menjual Miras

    0

    Lubuklinggau, jurnalsumatra.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, akan melakukan inspeksi mendadak ke setiap swalayan karena diduga menjual minuman keras secara bebas.
    Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kota Lubuklinggau, Sumadi, Selasa mengatakan pihaknya sudah mendapatkan informasi ada dugaan swalayan menjual minuman keras (Miras) secara bebas.
    Ia mengatakan selama ini pihaknya sudah memberikan pengawasan kepada seluruh pedagangan baik super market, swalayan dan pusat pedagangan besar agar tidak menjual makanan membayakan kesehatan masyarakat.
    Selama Januari 2016 petugas Disprindag belum melakukan pengawasan dan inspeksi mendadak (Sidag) ke lapangan, namun setelah ada informasi yang kurang sedap itu, pihaknya akan secepatnya menurunkan tim ke lapangan.
    “Selama ini swalayan di wilayah itu tidak menjual minuman keras beralkohol, namun berdasarkan laporan masyarakat saat ini sudah mulai menjual barang haram tersebut,” ujarnya.
    Salah seorang warga Kelurahan Taba Jemekeh, Kota Lubuklinggau Mursalin mengaku pernah membeli minuman keras di salah satu swalayan di daerah itu dan stoknya banyak.
    “Kami tinggal pilih mau yang kadar berapa dan harganya terjangkau, namun pihaknya tak bersedia menunjukan barang bukti, dak enak pak,” ujarnya.
    Salah seprang tokoh masyarakat M Suud mengatakan bila da swalayan menjual miras itu telah melanggar aturan pemerintah dan perlu diberikan sanki.
    Larangan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Berakohol.
    “Kami pernah mendapat informasi bahwa ada swalayan ternama di wilayah itu menjual bebas miras, bahkan terpajang dirak,” ujarnya.
    Padahal larangan itu sudah berlaku sejak 16 April 2015, yang menyebutkan melarang penjualan minuman beralkohol di minimarket-minimarket di Indonesia, ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com