• Dishub Papua Tindaklanjuti Instruksi Peningkatan Keamanan Penerbangan

    0

        Jayapura, jurnalsumatra.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Papua segera menindaklanjuti Instruksi Dirjen Perhubungan Udara Nomor  5 tahun 2015 tentang peningkatan kondisi keamanan penerbangan dari kondisi hijau menjadi kondisi kuning pada semua bandar udara.
    Kepala Dishub Provinsi Papua Yusuf Yambeyabdi, di Jayapura, Senin, mengatakan, perubahan kondisi dari hijau ke kuning ini dimaksudkan agar wajib mengikuti “Airport Security Programme” yang berlaku pada masing-masing bandara.
    “Pengamanan bandara sudah menjadi bagian dari perhubungan, dimana ‘security’ dan ‘safety’ bandara mendapat perhatian dari Kementerian Perhubungan dan hal ini turun sampai ke provinsi serta kabupaten,” katanya.
    Yusuf menjelaskan, karena itu merupakan bagian dari perhubungan, maka pihaknya sebagai rumpun perhubungan apa yang diimbau oleh Menteri Perhubungan dalam rangka mengoptimalkan daerah akan dilakukan.
    “Sebab jika bandara tanpa ‘security’ dan ‘safety’ di penerbangan dan moda-moda lain, bandara akan bermasalah, sehingga pengamanan sangat penting untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.
    Kendati demikian, pihaknya mengingatkan bahwa di bandara ada urusan yang menjadi urusan kepolisian secara murni dan urusan unit lain seperti karantina.
    “Yang dibutuhkan dalam pengamanan di bandara adalah ‘leadearship’  dan kapasitas oleh setiap bandara maupun angkasa pura, untuk melakukan konsolisasi semua kebutuhan di bandara,” katanya lagi.
    Dia menambahkan, beberapa instruksi Kementerian Perhubungan tersebut antara lain menambahkan pemeriksaan keamanan kargo atau bagasi dengan menggunakan anjing pelacak.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com