• Dishub Kota Palu Soroti Parkir PGM

    0

        Palu, jurnalsumatra.com – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Palu, Sulawesi Tengah, menyoroti perparkiran milik PT. Palu Graha Sejahtera (PGS) selaku pengelola Palu Grand Mal (PGM) karena mengganggu arus lalulintas di jalan raya.
    Sorotan itu terkait tidak tersedianya ruang parkir yang memadai yang disediakan oleh PGM, menyebabkan pengunjung memanfaatkan sebagaian badan Jalan Pangeran Diponegoro dan Jalan Cumi-Cumi sebagai tempat parkir kendaraan.
    Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubkominfo Kota Palu Denny R Sumolong mengatakan di Palu, Senin, kondisi PGM sebelum adanya pengembangan fisik maupun nonfisik pada pusat perbelanjaan tersebut, masih sesuai dengan analisis mengenai dampak lalulintas (Andalalin).
    Namun, pascapengembangan pada PGM, kondisi tersebut tidak sesuai lagi dengan dokumen Andalalin.
    “Kondisi saat ini perparkiran PGM tidak sesuai dengan Andalalin yang dimiliki oleh PGM,” ungkap Denny.
    Ia mengatakan seharusnya sebelum adanya pengembangan baik fisik gedung maupun sarana hiburan dan lainnya di PGM, pihak perusahaan harus berkoordinasi dengan Dishubkominfo karena pengembangan yang dilakukan akan berdampak pada peningkatan pengunjung yang secara otomatis berdampak pada kapasitas parkir.
    Sayangnya, kata Denny, koordinasi terkait hal tersebut tidak dilakukan oleh perusahaan pemilik PGM kepada Dishubkominfo sementara pengembangan pada PGM masih terus dilakukan.
    Dishub Kominfo Kota Palu akan segera menyurati pengelola PGM untuk memperbaiki dokumen Andalalin dan menyediakan sarana dan fasilitas parkir yang memadai untuk pengunjung agar tidak menggunakan badan jalan seperti sekarang ini.
    Menurut dia, Jalan Pangeran Diponegoro itu merupakan jalan nasional penghubungan kota-kota provinsi di Sulawesi Tengah, Barat dan Selatan, jadi tidak dibenarkan untuk parkir di jalan itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com