• Dinsos Sumsel Siap Atasi Bencana

    0

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Mengantisipasi terjadinya masalah sosial dampak bencana yang kemungkinan timbul pada musim hujan, Dinas Sosial Sumatera Selatan menyiapkan bantuan tanggap darurat.

    Bantuan tanggap darurat pada musim hujan sekarang ini beberapa daerah di Sumsel berpotensi terjadinya bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

    Masyarakat yang mengalami bencana alam tersebut akan diberikan bantuan tanggap darurat jika sampai berpotensi menimbulkan masalah sosial seperti rawan pangan dan tidak mampu memperbaiki rumah mereka yang rusak.

    Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan lima perahu karet untuk mengantisipasi banjir yang sering terjadi saat musim penghujan seperti sekarang ini.

    Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Belman Karmuda di Palembang, Kamis (7/1) pada jurnalsumatra.com mengatakan, pihaknya telah menyiapkan perahu karet untuk membantu masyarakat yang terkena banjir.

    Bahkan, lanjut dia, perahu karet tersebut telah dibagikan kepada kabupaten dan kota yang rawan banjir.

    “Perahu karet bantuan Kementerian Sosial itu antara lain dibagikan masing-masing dua unit ke kabupaten Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir dan satu unit Pemkot Palembang”, kata dia.

    “Hal ini karena daerah itu rawan banjir sehingga perlu diantisipasi saat musim penghujan sekarang ini”, ujar dia.

    Menurut dia, perahu karet itu penting terutama dalam menolong korban banjir termasuk mengangkut harta benda yang ada.

    “Apalagi sebagai Dinas Sosial sudah ditugaskan untuk membantu peralatan kepada masyarakat yang terkena bencana”, katanya.

    Mengenai daerah rawan banjir, dia mengatakan, selain yang mendapatkan bantuan tersebut ada beberapa kabupaten rawan tergenang.

    “Daerah rawan banjir itu antara lain Kabupaten Banyuasin, Muara Enim dan Musirawas, karena wilayah dataran rendah dan juga dilalui sungai sehingga saat musim penghujan sering terjadi banjir”, tambah dia(yuyun)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com