• Dinkes Pangkalpinang Periksa Warga Pendatang

    0

         Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memeriksa warga pendatang sebagai upaya antisipasi dini untuk mencegah penularan malaria di daerah ini.
    “Pemeriksaan itu dilakukan dengan cara mengambil darah mereka sebagai sampel untuk diteliti, apakah ada yang menderita malaria atau tidak,” kata Staf Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinkes Pangkalpinang, Tri Endariyanto di Pangkalpinang, Senin.
    Ia mengatakan, warga pendatang yang diutamakan pemeriksaannya adalah mereka yang bekerja sebagai kuli bangunan karena mereka dinilai sangat rentan terserang penyakit tersebut.
    “Kami bekerja sama dengan pihak kelurahan untuk mengetahui warga pendatang agar dapat diperiksa dan diambil sampel darahnya sehingga upaya pencegahan dini terhadap penyakit itu dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.
    Ia mengatakan, selain itu, pihaknya juga memeriksa darah seluruh keluarga jika salah seorang anggota keluarga menderita malaria untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut.
    “Tidak hanya dari keluarga, tetangganya juga akan kami periksa agar penyakit itu tidak menular kepada yang lain, dan bagi penderita akan diobati secara intensif, kesehatannya akan terus dipantau,” ujarnya.
    Menurut dia, cara antisipasi tersebut cukup efektif dilakukan demi menjaga kesehatan warga dan yang paling penting kerja sama dan pola hidup sehat warga harus diterapkan demi menghindari berbagai penyakit.
    “Kita tidak tahu warga pendatang itu sehat atau tidak, karena bisa saja dia membawa berbagai macam penyakit yang dideritanya sbelum di datang ke kota ini,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com