• Diduga, Dinkes Lambat Turun Warga Positif DBD

    0
    DBD.

    Diduga, Dinkes Lambat Turun Warga Positif DBD

    Lahat, jurnalsumatra.com – Diduga terlambatnya turun kelapangan sehingga, sedikitnya belasan anak positif terjangkit penyakit demam berdarah (DBD). Namun, ketika dikonfirmasi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Kesehatan, Ubaidillah SKM MKes didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian, Danang Sudiyantoro SKM menggelak.

    Menurutnya, hanya ada lima orang warga Desa Perumnas Endikat Ilir, Kecamatan Gumay Talang, meliputi, Repa (3), Alpi (9), Widia (13), Azka (5) dan Auzi (8) positif menderita Demam Berdarah Dengue (DBD) sudah dibawa ke RSUD, fogging diseluruh perumnas baik itu di dalam rumah berpotensi menjadi sarang nyamuk.

    “Atas laporan dari warga maupun Puskesmas Sukarame langsung turun ke lapangan guna melaksanakan fogging (penyemprota asap, red), sehingga tidak menyebar luas,” klihanya saat dibincangi jurnalsumatra.com Senin (4/1).

    Ia mengatakan, dengan demikian, pada Kamis (31/12), petugas mendatangi pemukiman masyarakat dan Sebagian sudah pulang kembali ke rumah.

    “Selain difogging, kami juga memberikan bubuk abate kepada masyarakat untuk disebarkan ditempat bak penampungan air hujan diluar rumah tidak ditutup rapat,” ujar Ubaidillah.

    Ditambahnyak Ubaidillah, dan tidak lupa melaksanakan program 3M plus (mengubur, menguras dan menutup rapat) sehingga dapat diantisipasi penyebaran DBD lebih meluas lagi.

    “Kita terus menghimbau kepada lapisan masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, terlebih lagi pada musim penghujan dewasa ini, sangat rentan sekali terkena penyakit, Diare, DBD, Malaria, dan ISPA,” tuturnya lugas.

    Senada, Kepala PKM Sukarame, Nurmala Ningsih SKM menyebutkan, pihaknya ketika menerima laporan tersebut langsung turun bersama-sama dengan tim dari Dinkes maupun Kepala Dusun (Kadus) IV, Haryanto untuk menindaklanjuti.

    “Alhamdulillah, lima orang penderita DBD telah dibawa ke RSUD dan ada juga ada yang pulang ke rumah dengan kondisi sehat, sekaligus melakukan fogging sehingga tidak menyebar luas,” ujar Haryanto. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com