• Dana Desa Di Pamekasan Terserap 100 Persen

    0

    Pamekasan, jurnalsumatra.com- Penggunaan alokasi dana desa (ADD) di 178 desa di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, terserap 100 persen, kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) pemkab setempat, Taufikurrahman.
    “Tidak ada desa yang tidak menyerap anggaran,” katanya kepada Antara per telepon di Pamekasan, Senin siang.
    Kepala BPKA mengemukakan hal itu terkait realisasi serapan alokasi dana desa 2015.
    Dengan demikian, sambung Taufik, maka pada APBD 2016 ini, tidak ada desa yang terancam kena sanksi pengurangan anggaran.
    “Karena sesuai dengan ketentuan, desa-desa penerima dana desa yang tidak bisa menyerap anggaran, maka pada tahun berikutnya akan dikurangi,” kata Taufikurrahman.
    Ia menjelaskan, alokasi dana desa yang dianggarkan pemerintah untuk 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan pada 2015 sebesar Rp92 miliar.
    Menurut Taufik, alokasi dana desa di Pamekasan kebanyakan untuk pembangunan infrastruktur desa, seperti perbaikan jalan desa, pengairan dan perbaikan balai desa.
    “Ada juga yang dialokasikan untuk pengembangan ekonomi desa dan koperasi, namun jumlahnya sangat sedikit. Kebanyakan untuk pembangunan infrastruktur,” katanya menjelaskan.
    Kepala BPKA Taufikurrahman menjelaskan, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penyimpangan dalam pengelolaan dana desa, pemkab bekerja sama Kejaksaan Negeri setempat sebagai pembina.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com