• Bupati Tak Persoalkan Seruyan Masuk Daerah Tertinggal

    0

         Kuala Pembuang, Kalteng, jurnalsumatra.com – Bupati Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono tak mempersoalkan dimasukkannya Seruyan sebagai salah satu daerah tertinggal di Indonesia oleh pemerintah pusat.
    “Kita tidak perlu mempersoalkan hal tersebut. Kita hanya cukup mengambil sisi positif dari penetapan tersebut,” katanya di Kuala Pembuang, Sabtu.
    Gelar daerah tertinggal harus menjadi bahan evaluasi serta motivasi agar seluruh elemen masyarakat, khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) berbuat lebih baik sehingga Seruyan dapat keluar dari kategori tersebut.
    “Evaluasi itu nantinya juga dapat menjadi bahan bagi Pemkab untuk mengambil kebijakan yang lebih baik ke depannya,” katanya.
    Ia menjelaskan, dimasukkannya Seruyan dalam kategori tertinggal juga tidak sepenuhnya tepat, karena data yang digunakan dari Badan Pusat (BPS) tahun 2013, yang salah satunya menyebutkan hanya 50 persen atau 50 desa yang dapat diakses melalui jalan darat.
    Padahal saat ini tinggal dibuat jalan sepanjang lima kilometer saja dari Desa Tumbang Manjul menuju Desa Tusuk Belawan Kecamatan Seruyan Hulu, maka hampir semua desa dapat terakses.
    Kecuali lima desa lain yang belum bisa diakses melalui jalan darat, dua diantaranya di Kecamatan Seruyan Hilir, yakni Desa Sungai Perlu dan Desa Tanjung Rangas.
    “Yang lain sudah terakses walaupun menggunakan jalan yang dibangun perusahaan, tetapi kenyataannya sudah bisa diakses, bahkan bisa dilalui menggunakan mobil,” katanya.
    Kurang tepatnya informasi tersebut tentu sangat merugikan daerah, karena akan berdampak pada program kerja serta kebijakan yang akan dibuat pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah.
    “Ada lima besar kriteria daerah tertinggal dan sebenarnya semua sudah bisa kita jawab, namun memang ada beberapa yang masih sukar untuk diselesaikan, tapi kita akan terus berjuang sehingga Seruyan benar-benar keluar dari daerah tertinggal,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com