• BPS Muaraenim akan laksanakan sensus ekonomi 2016

    0
    BPS Muaraenim akan laksanakan sensus ekonomi 2016

    BPS Muaraenim akan laksanakan sensus ekonomi 2016

    Muaraenim, Sumsel, jurnalsumatra.com – Badan Pusat Statistik Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan akan melaksanakan sensus ekonomi dengan pendataan lengkap pada awal Mei 2016.

    “Sensus ekonomi merupakan pendataan lengkap yang dikaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kabupaten Muaraenim mencakup seluruh variabel aktifitas ekonomi,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muaraenim Suparindyah, Senin (11/1).

    Pelaksanaan sensus ekonomi 2016 dalam persiapan yang diharapkan dimulai awal Mei 2016, sebab saat ini tengah melakukan rekrutmen tenaga pendataan, dilanjutkan mengikuti training terlebih dahulu sebelum ditugaskan ke lapangan, katanya pada jurnalsumatra.com.

    Dikatakannya, hal yang perlu dipahami bahwa data sensus diambil khususnya sensus ekonomi yang berguna untuk mendapatkan informasi mengenai gambaran perekonomian bangsa serta digunakan sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan.

    Dalam pelaksanaan sensus ekonomi 2016, BPS Muaraenim merekrut dan melibatkan 400 orang tenaga pendataan dari penduduk wilayah setempat. Para petugas sensus ini akan mendata seluruh bidang usaha ekonomi.

    Ia menjelaskan, ada 14 variabel akan disensus BPS yaitu mencakup 19 sektor usaha. Sensus Ekonomi ini adalah sensus ke empat kalinya yang telah dilakukan sejak tahun 1986, 1996, 2006 dan akan diselenggarakan awal bulan Mei 2016.

    Untuk membekali petugas pendataan di lapangan, BPS telah memberikan bimbingan teknis kepada petugas tersebut.

    Sementara tantangan di lapangan bagi petugas pendataan adalah akurasi data yang dibutuhkan menjadi target BPS. Ia menilai pentingnya akurasi data dalam pendataan, karena penyajian data dasar seluruh kegiatan ekonomi nantinya menjadi landasan bagi pengambilan kebijakan pemerintah.

    Ia berharap seluruh masyarakat untuk berperan aktif memberikan informasi pendataan pada petugas pendataan BPS dengan jujur dan benar. Kerahasian data dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 16 tahun 1997 tentang statistik, katanya. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com