• BPN Ternate Bagikan 83 Sertifikat Prona

    0

    Ternate, jurnalsumatra.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mengagendakan penyerahan 83 sertifikat Prona kepada masyarakat pesisir di Kelurahan Bidu, Kecamatan Batang Dua, kota Ternate.
    Sedangkan untuk wilayah terluar seperti Kecamatan Moti, Hiri sebagain Kelurahan, sudah bagikan pada 2015, sehingga semua daerah terluar bisa mendapatkan sertifikat yang disediakan, kata Kepala BPN Kota Ternate, Abubakar Rumodar di Ternate, Jumat.
    Prona dilaksanakan secara terpadu dan ditujukan bagi segenap lapisan masyarakat terutama bagi golongan ekonomi lemah guna menyeselaikan secara tuntas terhadap sengketa-sengketa tanah yang bersifat strategis.
    Tujuan prona adalah memberikan pelayanan pendaftaran pertama kali dengan proses yang sederhana, mudah, cepat dan murah dalam rangka percepatan pendaftaran tanah di seluruh indonesia dengan mengutamakan desa miskin, tertinggal, daerah pertanian subur atau berkembang, daerah penyangga kota, pinggiran kota atau daerah miskin kota, daerah pengembangan ekonomi rakyat, katanya.
    Selain itu, kata Abubakar, Prona juga menjadi salah satu wujud upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan ekonomi lemah sampai dengan menengah.
    Bahkan, biaya pengelolaan penyelenggaraan Prona seluruhnya dibebankan dalam APBN pada alokasi DIPA BPN RI.
    Sedangkan biaya-biaya yang berkaitan dengan alas hak/alat bukti perolehan/penguasaan tanah, patok batas, materai dan BPHTB/PPh menjadi tanggung jawab Peserta prona.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com