• BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Layanan Dengan Mobil Keliling

    0

    Palu, jurnalsumatra.com- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Palu kini menggunakan mobil operasional keliling guna memperluas jangkauan pelayanan seiring dengan makin tingginya minat tenaga kerja untuk mengetahui manfaat maupun mendapatakan pelayanan kepesertaan.
    Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu Zulkarnain Nasution mengemukakan di Palu, Kamis, mobil operasional keliling ini sering parkir di pusat-pusat perbelanjaan seperti pasar tradisional, alun-alun kota maupun mall, dan tempat-tempat lain yang banyak dikunjungi warga.
    “Dari mobil ini, masyarakat bisa memperoleh semua informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan, mendaftarkan diri sebagai peserta, membayar iuran maupun mengajukan klaim,” kata Zulkarnain yang didampingi Kabid Pemasaran Adizafah Curmacosasih.
    Tahun 2016 ini, kata Zulkarnain, pihaknya akan semakin gencar melakukan pengenalan tentang BPJS Ketenagakerjaan menggunakan mobil keliling, tidak hanya di Kota Palu, tetapi juga di kabupaten lainnya yang membutuhkan mobil ini untuk pelayanan di desa-desa.
    “Kami berharap dengan mobil operasional keliling ini makin banyak masyarakat mengenal dan memahami program BPJS Ketenagakerjaan, dan tentunya terdorong untuk menjadi peserta,” ujarnya bangga karena Cabang Palu merupakan satu dari hanya dua daerah di Sulawesi dan Maluku yang mendapatkan dukungan sarana ini.
    BPJS Ketenagakerjaan pada 2016 ini akan lebih fokus untuk menjangkau tenaga kerja informal (bukan penerima upah-BPU) seperti nelayan, tukang ojek, pedagang pasar, petugas kebersihan, dan warung-warung makan ‘Mas Joko’ yang banyak beroperasi di berbagai kota di provinsi ini.
    Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu Arfiani mengemukakan bahwa tenaga kerja yang telah menjadi peserta juga bisa mengakses mobil operasiaonal keliling  dalam hal pelayanan klaim.
    “Mobil operasional keliling ini juga dapat melayani klaim atau informasi peserta BPJS Ketenagakerjaan, misalnya untuk mengecek upah yang dilapor oleh perusahaan, informasi saldo Jaminan Hari Tua (JHT), perkiraan saldo JHT yang diterima dan juga mengetahui persayaratan klaim BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.
    Arfiani mengatakan mobil operasional keliling BPJS Ketenagakerjaan ini dapat menjangkau daerah yang jauh dari ibu kota dan armada tersebut telah dilengkapi dengan jaringan yang memadai untuk akses pelayanan kepada peserta.
    Saat ini BPJS Ketenagakerjaan menjalankan empat program yakni Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun sesuai amanat Undang-Undang No 24 Tahun 2011. Keempat program tersebut wajib dilaksanakan oleh semua pemberi kerja, dan sifatnya pilihan bagi pekerja mandiri atau informal.
    BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu kini melayani sekitar 45.000 peserta aktif dari 2.600 perusahaan se-Sulawesi Tengah.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com