• BPBD Sawahlunto : Longsor Timbun Satu Rumah Warga

    0

        Padang, jurnalsumatra.com – Badan  Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), menyebutkan hujan deras yang mengguyur pada Kamis pagi menyebabkan longsor yang menimbun satu rumah warga di Permukiman Blok Ombilin, Kecamatan Barangin.
    “Satu rumah warga  dindingnya jebol dihantam material longsor, penghuninya selamat dan sudah dievakuasi ke tempat aman,” kata Kabid Penanggulangan Bencana Daerah pada Badan  Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sawahlunto Indra saat dikonfirmasi dari Padang.
    Menurut dia hujan deras yang terjadi sejak pukul 06.00 WIB menyebabkan perbukitan yang ada di kawasan itu longsor.
    Bahkan kompleks permukiman yang terdapat sekitar 50 rumah itu  hingga saat ini digenangi air bercampur lumpur dengan ketinggian hingga 50 centimeter, lanjut dia.
    Saat ini BPBD bersama pihak Kepolisian  mengupayakan agar genangan air dapat dialirkan ke Sungai Batang Ombilin yang berjarak sekitar 10 meter dari lokasi, ujarnya.
    Sementara pihak Kepolisian telah mengamankan lokasi dengan memblokir jalan masuk agar proses evakuasi dan pembuangan material tanah dapat berjalan dengan lancar.
    Salah seorang warga setempat Yusnoredi mengatakan di bukit tersebut ada aliran air karena tersumbat akhirnya jebol saat hujan sehingga terjadi longsor.
    Ia mengatakan peristiwa ini telah empat kali terjadi sejak 2014 dan berharap pemerintah kota menata ulang saluran air.
    Saat ini semua warga permukiman rumahnya terendam air dan sedang berupaya mengeluarkan genangan dengan membuka pintu.
    Meski hujan telah berhenti namun genangan air masih cukup tinggi dan belum ada tanda-tanda surut, ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com