• Biaya Makan Napi Serap Anggaran Terbesar Kemenkum-HAM

    0

         Kendari, jurnalsumatra.com – Biaya makan nara pindana (napi) menyerapkan anggaran terbesar Dana Alokasi Umum (DAU) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-HAM) Sulawesi Tenggara (Sultra).
    “Setiap napi dialokasikan biaya makan sebesar Rp17.000 per hari untuk tiga kali makan,” kata Kepala Bagian Humas Kantor Wilayah Kemenkum-HAM Sultra, Napotan Harahap di Kendari, Senin.
    Menurut dia, jumlah napi di Sultra yang tersebar di dua Lembabaga Pemsyarakatan (Lapas) dan empat rumah tanahan negara (Rutan) saat ini sebanyak kurang lebih 1.900 orang.
    Dengan biaya makan setiap napi sebesar Rp17.000 per orang kata dia, maka anggaran yang dihabiskan setiap hari sebesar Rp32,3 juta.
    “Jadi, biaya makan napi selama satu tahun atau 365 hari kurang lebih Rp11,789 miliar,” katanya.
    Ia mengatakan DAU Kemenkum-HAM Sultra yang diberikan Pemerintah Pusat tahun ini sebesar kurang lebih Rp80 miliar.
    Selain dipakai membiayai konsumsi napi, anggaran tersebut juga dipergunakan membayar gaji pegawai, biaya operasional kantor, rehabilitasi sejumlah rumah dinas dan pengadaan sarana penunjang operasional petugas seperti mobil dan kenderaan roda dua.
    “Selain anggaran yang sudah dikucurkan melalui DIPA tahun 2016 itu, kita juga masih mengusulkan anggaran untuk pembangunan dua Balai Pemasyarakatan (Bapas). Yaitu, Bapas Kolaka dan Raha dan juga satu Rutan di Kolaka Utara,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com