• Beranda – SATGAS Perbatasan Musnahkan Puluhan Dus Sembako Selundupan

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Timor Leste Sektor Barat Yonarmed 11/Kostrad memusnahkan 31 dus sembako selundupan ke Timor Leste yang disita selama tahun 2015.
    “Ada 30 dus sembako dimusnahkan yang disita dari warga yang sering melintas perbatasan,” kata Komandan Satgas Pengamanan Perbatasan Sektor Barat Letkol Arm Teguh Tri Prihanto saat dihubungi dari Kupang, Rabu.
    Menurutnya beberapa jalan “tikus” di wilayah Timur Tengah Utara (TTU) memang sering menjadi jalur khusus bagi para penyelundupan.
    Seharusnya barang selundupan tersebut menurutnya diserahkan kepada pihak yang lebih berwenang yakni kepolisian namun sayangnya saat dilakukan pengagalan sejumlah barang selundupan tersebut, para pelakunya melarikan  diri.
    “Kalau ada pelakunya kita akan serahkan kepada pihak berwajib untuk ditindak lanjuti, namun karena tidak ada maka kita musnahkan,” tuturnya.
    Puluhan dus sembako yang dimusnahkan tersebut terdiri dari empat dus blue band, minyak goreng 90 liter, tiga karung coklat, 15 dus roti kering, benang wol satu karung, serta “handbody” satu dus.
    Lebih lanjut terkait berapa harga barang tersebut jika ditotalkan, Teguh mengatakan tidak mengetahuinya secara pasti namun jika dijual bisa mencapai puluhan juta rupiah.
    “Kita sengaja melakukan hal ini agar para penyelundup bisa sadar betapa berbahayanya kasus penyelundupan ini,” tuturnya.
    Sebelumnya pada Jumat (1/1) lalu hal yang sama juga dilakukan oleh  Satuan Tugas (Satgas) Pasukan Pengamanan Wilayah Perbatasan RI- Timor Leste Yonif 725/Woroagi namun pemusnahan lebih pada  enam unit kendaraan roda dua yang hendak diselundupkan ke Timor Leste.
    “Enam unit motor itu sudah kita musnahkan pada Jumat (1/1) pekan lalu, dan itu diperoleh selama triwulan pertama saat kami ditugaskan ke perbatasan ini,” kata Komandan satuan Tugas pengamanan wilayah perbatasan RI-Timor Leste Mayor Inf. Nurman Syahreda.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com