• Beranda – Kupang Diguncang Gempa Bumi 4,9 SR

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Gempa bumi dengan kekuatan 4,9 Skala Richter (SR) mengguncang Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu sekitar pukul 12.35 WITA namun tidak berdampak tsunami.
    “Meskipun tidak berdampak tsunami, warga kabupaten setempat yang nampak berhaburan keluar rumah, sekolah dan kantor diminta untuk tetap waspada dengan kemungkinan adanya gempa susulan,” kata petugas Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang, Siti Nenot’ek Antara di Kupang, Sabtu.
    Gempa dengan kedalaman 16 kilometer (km) itu, katanya, berpusat pada 10,29 lintang selatan (LS) dan 123, 65 bujur timur (BT) dengan daya guncang sejauh 56 kilometer.
    Artinya, kata dia, kalau titik nol-nya gempa itu diukur dari Oelamasi, Ibu Kota Kabupaten Kupang (37 km arah timur Kota Kupang), maka diperkirakan gempa bumi itu terjadi di wilayah pantai Amarasi Timur, Kabupaten Kupang.
    Sebelumnya (Jumat, 15/1) gempa bumi serupa Kabupaten Kupang dan Manggarai Timur,  Nusa Tenggara Timur, masing-masing tercatat gempa pertama berkekuatan 2,2 Skala Richter mengguncang Kabupaten Kupang dengan lokasi gempa pada 9,27 lintang selatan (LS) dan 123,34 bujur timur (BT) dengan pada 94 km barat  laut Kabupaten Kupang pada kedalaman 20 km.
    Sementara gempa kedua berkekuatan 3,1 SR terjadi pada pukul 12.43 WITA menguncang Kabupaten Manggarai Timur, berlokasi pada 7,38 lintang selatan (LS)- 120,60 Bujur Timur (BT) pada 136 km barat laut Manggarai Timur pada kedalaman 496 km.(anjas)

     

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com