• Beranda – Kadisdik Batam Akui Banyak Sekolah Tidak Berizin

    0

    Batam, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Kepulauan Riau, Muslim Bidin, mengakui banyak sekolah tidak berizin yang masih beroperasi di kota itu.
    “Iya, masih ada sekolah yang tidak berizin, karena ada beberapa kendala, terutamanya lahan,” kata Muslim Bidin di Batam, Senin.
    Meski mengakui sekolah itu ilegal, namun pemerintah belum akan menutupnya, karena dibutuhkan oleh masyarakat. Kebanyakan sekolah tidak berizin itu banyak mendidik warga tidak mampu yang kesulitan mengakses sekolah negeri.
    “Menutup sekolah bukan hal yang gampang,” kata dia.
    Pemerintah harus menyiapkan sekolah lain untuk menampung siswa. Dan itu tidak mudah, mengingat keterbatasan jumlah bangku sekolah di SD negeri terdekat.
    Muslim Bidin juga mengakui, banyak siswa SD negeri adalah warga berada. Namun, pemerintah kesulitan membatasi sekolah negeri dari warga kelas atas.
    “Seharusnya sekolah negeri itu prioritas warga tidak mampu. Tapi, bagaimanalah,” kata dia.
    Sementara itu, pemerintah tidak dapat mempermudah izin sekolah, mengingat banyak sekolah itu berada di atas lahan ilegal. Bila pemerintah mmemberi izin, maka pemerintah akan melanggar peraturan.
    Muslim menegaskan, akan menutup sekolah tidak berizin, hanya jika dianggap tidak layak, dari segi fasilitas dan kualitas pendidikan.
    Terpisah, Sekretaris Komisi IV DPRD Batam Udin P Sihaloho mendesak pemerintah menutup semua sekolah tidak berizin, karena tidak ada jaminan para siswa dapat mengikuti Ujian Nasional dan mendapatkan ijazah.
    Tahun-tahun sebelumnya, seluruh siswa sekolah tidak berizin menumpang UN di sekolah lain. Namun, mulai 2016, sekolah dilarang menumpangkan ujian untuk sekolah lain.
    “Ini berbahaya, merugikan masyarakat, karena sudah sekolah bayar mahal, tapi ijazah tidak dapat,” kata Udin.
    “Saya minta agar anak-anak di sekolah Ruli pindah ke SD negeri, mereka lebih berhak,” kata dia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com