• Beranda – Empat Nelayan Indonesia Berhasil Diselamatkan Australia

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Empat orang nelayan Indonesia asal Kupang, Nusa Tenggara Timur berhasil diselamatkan Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA) di wilayah perairan Laut Timor ketika perahu yang mereka tumpangi untuk mencari ikan, tenggelam dihantam gelombang.
    “Mereka hanya menggunakan rakit dan terapung-apung di atas laut selama sekitar delapan hari setelah hanyut terbawa arus gelombang saat perahu mereka tenggelam,” demikian pernyataan resmi Kedutaan Besar Australia di Jakarta dalam surat elektroniknya yang dikirim kepada Antara di Kupang, Kamis.
    Dijelaskan, upaya penyelamatan terhadap empat nelayan Indonesia asal Kupang itu berlangsung pada Rabu (13/1) pagi di bawah koordinasi AMSA, dengan melibatkan pula Angkatan Perbatasan Australia (ABF), Angkatan Pertahanan Australia dan kapal nelayan Australia AFX Exodus serta kapal Angkatan Laut Australia HMAS Maitland.
    Pihak Kedubes Australia menjelaskan keempat nelayan Indonesia asal Kupang itu hanya menggunakan rakit dan terapung-apung di wilayah perairan Laut Timor selama sekitar delapan hari.
    Rakit tersebut awalnya terlihat oleh pesawat Dash 8 ABF pada Selasa (12/1) malam. AMSA kemudian melakukan pengaturan agar pesawat ABF berikutnya memberikan perlindungan udara, dan tetap berada di udara, sementara permintaan bantuan diajukan ke kapal nelayan Australia AFV Exodus yang ada di dekatnya untuk segera melakukan upaya penyelamatan.
    Manajer Umum SAR AMSA John Young secara khusus mengucapkan terima kasih kepada nakhoda dan awak kapal AFV Exodus. “Awak kapal AFV Exodus terpaksa berhenti menangkap untuk segera memberikan pertolongan kepada empat nelayan tersebut.” ujarnya.
    “Sumbangsih para pelaut pada upaya-upaya SAR seperti ini merupakan yang terbaik dalam tradisi maritim dan sangat penting dalam membantu AMSA untuk menyelamatkan jiwa manusia di laut,” kata Young.
    Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson melukiskan upaya penyelamatan tersebut merupakan contoh yang sangat baik dalam menjaga keamanan di wilayah perairan perbatasan kedua negara, Australia-Indonesia.
    “Peristiwa penyelamatan ini juga memberikan sebuah pesan positif kepada dunia internasional bahwa kerja sama Australia-Indonesia dalam matra maritim semakin baik dan terus meningkat,” ujar Dubes Grigson.
    “Kami juga berterimakasih kepada awak kapal nelayan Australia AFV Exodus atas karya luhur mereka dalam membantu menyelamatkan jiwa para nelayan Indonesia di Laut Timor,” katanya menambahkan.
    Empat nelayan Indonesia asal Kupang itu langsung menjalani pemeriksaan kesehatan, dan dinyatakan sehat, dan mereka akan segera direpatriasi ke pelabuhan asal mereka di Kupang dalam waktu dekat.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com