• Baru 16 Kelompok Nelayan Terima Bantuan KKP

    0

    Lampung Timur, jurnalsumatra.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lampung Timur menyebutkan baru 16 kelompok nelayan di Lampung Timur yang telah menerima bantuan peralatan tangkap ikan melalui program Sekaya Maritim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2015.
    “Baru 16 kelompok yang telah diberikan bantuan berupa  alat bantu peralatan tangkap,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Kelautan dan Perikanan Kabuparen Lampung Timur, Johan di Lampung Timur, Rabu.
    Dia menjelaskan, bantuan yang telah diberikan kepada kelompok nelayan itu  seperti  mesin tempel 20 unit, aki 36 unit, lampu senter celup bawah air, motor bengkel berjalan empat unit, dan satu kontainer peralatan bengkel.
    “Itu total keseluruhan, jadi kalau kita total dari jumlah bantuan alat itu dibagikan kepada sekitar 16 kelompok nelayan,” jelasnya.
    Kemudian, kata Johan sisanya dari 39 kelompok nelayan yang belum menerima bantuan peralatan tangkap akan diberikan menyusul pada Januari 2016 ini.
    “Barangnya menyusul karena barangnya belum datang, masih menunggu pengiriman dari KKP, mungkin sehari atau tiga hari  ini,” tambahnya.
    Kabupaten Lampung Timur menjadi salah satu dari 100 kampung nelayan dari 31 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia yang mendapatkan Program Seribu Kampung Nelayan Tangguh Indah dan Mandiri (Sekaya Maritim) dari Kementrian Kelautan dan Perikanan.
    Untuk Kabupaten Lampung Timur, penerima Program Sekaya Maritim berlokasi di Kecamatan Labuhan Maringgai yang meliputi Desa Margasari, Sukorahayu, Karang Anyar dan Desa Sriminosari.
    Sekaya Maritim merupakan program penanggulangan kemiskinan bagi nelayan skala kecil yang bertujuan untuk meningkatkan akses ketersediaan pelayanan dasar yang dapat meningkatkan kualitas hidup nelayan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya.
    Tujuan program ini adalah membangun dan mengembangkan perekonomian serta kualitas hidup nelayan terutama nelayan kecil.
    Dalam Program Sekaya Maritim ini telah dilaksanakan berbagai kegiatan berupa pembangunan saluran air, pembangunan sumur bor,  pembangunan sanitasi bagi nelayan di masing-masing desa tersebut.
    Seperti Pembangunan jalan setapak, pembuatan tempat sampah dan pembangunan gedung sekaya maritim serta pembangunan jalan onderlagh.
    Sejumlah bantuan peralatan tangkap dan sarana penunjang lainya kepada nelayan juga diberikan melalui Program Sekaya Maritim ini.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com