• 92 Dosen SUMBAR Ikuti Pelatihan Pengajaran UNAND

    0

    Padang, jurnalsumatra.com- Sebanyak 92 orang dosen yang tersebar di beberapa perguruan tinggi di Sumatera Barat (Sumbar), mengikuti pelatihan pengajaran dan pembimbingan mahasiswa atau pekerti di Universitas Andalas (Unand) Padang,  11 hingga 15 Januari 2016.
    “Ke-92 orang dosen tersebut rata-rata berusia muda, baru masuk dan belum memiliki sertifikat pelatihan dosen seperi “Applied Approach” atau pekerti,” kata Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Unand, Dr. Yulia Hendri di Padang, Selasa.
    Dia menyebutkan sebagian besar pelatihan merupakan dosen Unand yang terdiri atas dosen muda dan dosen senior yang belum memiliki sertifikat Pekerti.
    Sebagian lagi merupakan dosen yang antara lain berasal dari STMIK, Universitas Dharma Andalas, dan Politeknik Negeri Padang.
    “Kesemua dosen ini akan mengikuti pelatihan cara mengajar, menentukan silabus kuliah, sikap dan perilaku mengajar hingga melakukan bimbingan,” kata dia.
    Dia menjelaskan pekerti ini bagian dari syarat kompetensi seorang dosen sebelum mengajar.
    Tujuannya untuk memperkuat dan meningkatkan “skill” dan pengetahuan praktek tentang situasi dan kondisi mengajar.
    Bagi Unand, kata dia kegiatan ini merupakan aktivitas tahunan yang diselenggarakan lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M).
    Sejauh ini LP3M Unand telah lebih tiga kali mengadakan pelatihan pekerti dan juga AA sejak 2012 lalu.
    Sementara itu salah seorang dosen Unand,  Verawati menilai pekerti memiliki banyak manfaatnya bagi dosen pemula.
    Menurutnya selain bisa menimba ilmu dari banyak senior, kegiatan ini juga memberikan motivasi bagi dosen untuk lebih rajin mengimprovisasi diri dalam mengajar.
    Terutama ikut andil dalam berbagai penciptaan inovasi bari yang tidak ada pada sebelumnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com