• 30 Persen Perusahaan Binjai Belum Terdaftar BPJS

    0

    Binjai, Sumut, jurnalsumatra.com- Sekitar 30 persen perusahaan di Kota Binjai, Sumatera Utara, karyawannya belum terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terutama  industri rumah tangga, panglong maupun apotik.
    “Kondisi ini sudah disampaikan kepada perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya di BPJS Ketenagakerjaan,” kata Kepala Seksi Pengawas Ketenagakerjaan Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Binjai Yunus P Siregar, di Binjai, Selasa.
    Untuk perusahaan lainnya sudah terdaftar dan mengikutsertakan karyawannya ke BPJS, namun perusahaan seperti apotik, panglong dan home industri belum juga mendaftarkan dengan alasan jumlah pekerjanya tidak melebihi 25 orang dan masih dalam golongan perusahaan kecil.
    “Walaupun perusahaan tersebut hanya memiliki satu orang karyawan saja, itu wajib di daftarkan sebagai anggota BPJS,” ujarnya.
    Pihaknya juga sudah berulang kali melakukan pembinaan dan telah memberikan peringatan kepada sejumlah perusahaan yang belum mengikutsertakan pekerjanya sebagai anggota BPJS.
    “Kita sudah sering memberikan peringatan kepada perusahaan tersebut, batas waktu peringatan itu sampai dua minggu setelah peringatan diajukan. Jika peringatan tak diindahkan, akan ditindak lanjuti dengan membuat laporan kejadian,” katanya.
    Padahal sanksi yang diberikan terhadap perusahaan yang tidak mendaftarkan pekerjanya ke BPJS cukup berat, perusahaan tersebut dikenakan denda Rp500 juta sesuai dengan Undang-Ondang Tahun 2014 tentang BPJS.
    Bila tidak mendaftarkan karyawannya sanksinya cukup berat, perusahaan itu harus membayar denda, namun masih banyak perusahaan yang tidak mendaftarkan pekerjanya menjadi anggota BPJS, tegasnya.
    Untuk itu diminta kepada seluruh perusahaan yang ada di Binjai  segera mengikutsertakan seluruh karyawan dan pekerjanya terdaftar sebagai anggota BPJS.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com