• 22 Peserta Ikuti Tes Tenaga Pasar Modal

    0

         Padang, jurnalsumatra.com – Sebanyak 22 peserta mengikuti tes tertulis tenaga profesional pasar modal  untuk mengikuti  Capital Market Professional-Development Program (CMP-DP) yang diselenggarakan Bursa Efek Indonesia di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu.
    “Ini merupakan tes tahap awal untuk menyiapkan tenaga pasar modal yang profesional, andal dan terampil,” kata Kepala Bursa Efek Indonesia perwakilan Padang, Reza Sadat Shahmeini.
    Ia mengatakan ujian  diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).
    Pada awalnya ada 39 peserta yang lulus administrasi namun yang hadir tes tertulis hanya 22 orang yang akan diuji pengetahuan  seputar tentang pasar modal, ujarnya.
    Tes digelar serentak pada 20 kota di Indonesia untuk merekrut  tenaga profesional pasar modal, kata dia.
    Reza menyebutkan program yang baru dilaksanakan pertama sekali ini diikuti 4.200 pelamar  dari seluruh Indonesia.
    Seleksi dilaksanakan serentak di  Jakarta, Balikpapan, Aceh, Bandung, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Jambi, Jayapura, Lampung, Makasar, Manado, Medan, Padang, Palembang, Pontianak, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Riau.
    Ia mengakui sampai  saat ini jumlah tenaga profesional di industri pasar modal Indonesia yang memiliki kompetensi dan sesuai dengan kebutuhan bisnis pasar modal masih minim.
    Calon kandidat yang lulus dalam tes tertulis akan mengikuti serangkaian tes lainnya sampai  terpilih  30 orang terbaik yang akan mengikuti program pengembangan selama 12 bulan  dan on the job training enam  bulan, ujarnya.
    Reza menyampaikan Lulusan CMP-DP akan ditempatkan untuk bekerja di tiga lembaga self regulatory organization (SRO) dan afiliasinya.
    Pada 2016 bursa efek juga akan membuka kantor perwakilan 34 provinsi di Tanah Air guna menarik minat masyarakat berinvestasi di pasar modal sehingga dominasi asing dapat berkurang, kata dia.
    Dengan semakin banyak tenaga profesional di pasar modal, diharapkan  semakin mengembangkan  industri pasar modal dalam beberapa tahun mendatang, sehingga mimpi pasar modal Indonesia untuk menjadi yang besar di kawasan Asia Tenggara maupun Asia dapat terwujud di masa depan.
    Sementara Andri  salah seorang peserta tes berharap dapat lulus karena memiliki minat yang tinggi untuk berkarir di pasar modal.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com