• 1000Kata Luncurkan Buku Foto “#IniNegriku”

    0

         Jakarta, jurnalsumatra.com – Kumpulan pewarta foto yang tergabung dalam 1000kata meluncurkan buku foto “#iniNegriku – A Visual Journey” yang berisikan potret tentang 10 daerah di Indonesia.
    “Di dalam buku ini, kami hanya ingin menyampaikan pesan yang sederhana bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya, indah, dan harus dijaga bersama,” kata salah satu pencetus 1000kata Ahmad Zamroni di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Rabu malam.
    Menurutnya, buku ini berawal dari mimpi sederhana sembilan pewarta foto yang berbagi cerita tentang keindahan dan keragaman Indonesia melalui Instagram di mana masing-masing memvisualisasikan keindahan Indonesia dengan cara berbeda.
    “Sebuah foto indah akan menjadi lebih indah apabila mempunyai cerita yang melengkapinya,” kata Zamroni.
    Ia menyatakan misi pembuatan buku ini mengkampanyekan bahwa fotografi merupakan salah satu media yang efektif dalam penyampaian pesan.
    “Dengan fotografi, mata dan pikiran kita lebih terbuka untuk mengejawantahkan arti sebuah patriotisme. Karena untuk mencintai tanah air yang diperlukan bukan slogan dan celotehan tetapi bagaimana mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat,” tuturnya.
    Berbeda dengan buku sebelumnya pada 2014 yang bertemakan “street photography” dan hanya menggunakan kamera “handphone”, buku “#iniNegriku – A Visual Journey” menggunakan kamera Mirrorless-NX 1 untuk menjelajah daerah tujuan wisata yang berada di tempat-tempat terpencil.
    Daerah tujuan wisata yang dikunjungi oleh sembilan pewarta foto ini juga merupakan rute perintis yang hanya dilakukan oleh Garuda Indonesia.
    Perjalanan dalam merealisasikan mimpi 1000kata dimulai pada awal Maret 2015.
    Tujuan pertama adalah Ternate yang dilakukan Dita Alangkara (Associated Press) kemudian Ahmad Zamroni (Forbes Indonesia) ke Tambulaka, Sumba, Prasetyo Utomo (Antara) ke Berau, Peksi Cahyo (bola.com) ke Waerebo, Ende, dan Yuniadhi Agung (Kompas) ke Sibolga, Sumatera Utara.
    Selanjutnya, Mast Irham (European Pressphoto Agency) ke Labuan Bajo, Bima, Eddy Poernomo (Freelance) melakukan dua perjalanan ke Putusibau, Pontianak dan Banyuwangi, Sumaryanto Bronto (Media Indonesia) ke Sorong, Manokwari, dan di akhir Maret, Beawiharta (Reuters) melakukan perjalanan ke Langgur, Saumlaki, Ambon.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com