Logistik Pemilu Didistribusikan Mulai 1 April

IMG-20140317-00020
MUARA ENIM, Jurnalsumatra.com  – Proses pendistribusian Logistik Pemilu Legislastif oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muara Enim akan dimulai setelah proses pelipatan kertas suara, dan juga kotak suara serta bilik suara, mulai 1 April mendatang. 
 
Ketua KPUD Muara Enim, Rohani SH melalui komisioner KPUD Divisi logistik, anggaran dan keuangan, Eko Suprianto mengatakan, rencana pendistribusian akan dimulai pada 1-5 April 2014 ke Panitia Pemilih Kecamatan (PPK). Kemudian dari PPK didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada tanggal 5-8 April. Sedangkan untuk pendistribusian ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada H-1.
 
Menurutnya, sampai saat ini KPUD belum menemukan kendala lagi terkait dengan persiapan logistik Pileg 2014 di Kabupaten Muara Enim. Sementara, logistik yang belum ada di KPUD Muara Enim tinggal formulir model C sampai D yang akan didistribusikan KPU Provinsi Sumsel pada 20 Maret mendatang.
 
“Kita saat ini baru mulai melakukan pengepakan logistik untuk Pileg DPRD Provinsi dan DPD. Sedangkan yang lain sudah semua. Pengepakan logistik ini diatur per Dapil dan targetnya selesai dalam tiga hari kedepan,” ungkap Eko diruang kerjanya, Selasa (18/3/2014).
 
 
Lebih lanjut Eko mengatakan, setelah proses pengepakan logistik selesai maka akan dilakukan pengecekan ulang kebutuhan logistik untuk tiap-tiap kecamatan. Setelah itu, baru logistik tersebut didistribusikan ke tiap-tiap kecamatan, kemudian dari kecamatan dapat didistribusikan pada tingkat desa.
 
“Perlengkapan logistik sudah hampir rampung, tinggal menunggu formulir saja. Nantinya, kotak suara akan diisi surat suara, tinta, semua formulir, dan alat kelengkapan lainnya dipak menjadi satu paket,” jelasnya.   
 
Eko menambahkan, untuk kertas suara yang rusak per tanggal 15 Maret 2014 kata dia, untuk DPRD Kabupaten sebanyak 25 lembar, DPRD Provinsi 5 lembar, DPR RI 25 lembar dan DPD 12 lembar. Kertas suara yang rusak dan lebih nantinya akan dimusnahkan oleh KPUD yang akan disaksikan pihak kepolisian, panwaslu, ketua KPU atau yang membidangi setelah selesai pengepakan semuanya.
 

Menyinggung Surat suara yang rusak Eko mengatakan “Nanti, untuk kertas suara yang rusak dan lebih akan kami musnahkan yang akan disaksikan oleh pihak Kepolisian, Panwaslu dan Ketua KPU atau yang membidangi setelah selesai semua proses pengepakan,” katanya (Cacon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>