Disdikpora Palembang Buang Halaman Buku Bahasa Indonesia

tutwuri

logo plg    Palembang, Jurnal Sumatra – Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Palembang membuang halaman buku Bahasa Indonesia kelas I SMP, karena terdapat tulisan tidak pantas mencaci maki dan kalimat kasar.
“Kami telah meminta guru pada sekolah-sekolah yang menerima buku tersebut menarik dari siswa kemudian merobek halaman bertuliskan kata-kata kasar dan mencaci maki itu,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Palembang Julinto, Kamis.
Menurut dia, ketika mendapat laporan adanya buku bahasa Indonesia yang berisi kata-kata kasar, tersebut pihaknya langsung melakukan pemeriksaan.
Ternyata, benar bahwa ditemukan kata-kata kasar dan kalimat tidak senonoh pada halaman terakhir buku pelajaran tersebut.
Ia mengatakan, pihaknya tidak tahu dari mana dan siapa yang mencetak buku bahasa Indonesia tersebut.
Namun, buku pelajaran itu dipasok dari pusat dan daerah hanya menerima  buku gratis tersebut.
Dia menjelaskan, temuan tersebut diharapkan bisa ditindaklanjuti agar tidak terulang kembali, karena akibat kalimat yang tidak pantas itu bisa berdampak multi tafsir.
Sampai kini, pihaknya hanya meminta guru merobek bagian akhir dari buku bahasa Indonesia itu.
Julinto menambahkan, seluruh unsur Diknas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat tentunya akan lebih intensif dalam memeriksa buku pelajaran.
Hal itu, untuk mengantisipasi kemungkinan ditemukan buku yang berisi kalimat yang tak pantas dibaca siswa dan siswi, katanya. (antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>